Soto betawi

Alkisah, ramadhan 1431 H ini, kami sekeluarga punya tontonan favorit, which is “Para Pencari Tuhan” jilid 4. Di film ini, tokoh “Bang Nasrul” buka warung soto betawi, dan dikisahkan soto betawi bang nasrul ini uenake poll sedunia jagat raya deh.

Gara-gara nonton itu, kita (Eh tepatnya aku sih), jadi penasaran pengen buat sendiri soto betawi. Gugling-gugling, kayaknya resep yang satu ini paling pas, walau belum dicoba. InsyaALLAH nyobanya ba’da lebaran nanti. Sementara, nikmati aja dulu gambarnya..😀

gambarnya diambil dari http://warungnq.blogspot.com/2010/05/soto-betawi_29.html

Kalo resepnya dari http://www.mail-archive.com/bango-mania@yahoogroups.com/msg00478.html

BAHAN :

1 kilo daging sapi kalau suka bisa pake jeroan sapi ataupun kaki
sapi…
1 lengkuas gepruk
1 sereh
3 lembar daun salam

Rebus bahan-bahan diatas dengan air, buang terus kotoran daging yang
keluar.
Setelah daging empuk, kecilkan api

BUMBU :

5 bawang merah
3 bawang putih
1 ruas jempol jahe
1 sdm ketumbar
1/2 sdt jinten
lada butir secukupnya

Haluskan semua bumbu diatas.

BAHAN LAINNYA :

1 kotak kecil santan kara (yang segitiga itu lho)
1/2 liter susu sapi segar atau susu ultra tawar

kentang kupas, belah 2 goreng
tomat
daun bawang prei diiris
jeruk sambal
emping goreng
bawang goreng

CARA MEMBUAT :
1. Didihkan kaldu daging, masukkan bumbu halus (tidak perlu di tumis)
2. Tambahkan garam, rasakan. Kalau suka boleh tambah bumbu penyedap
secukupnya
3. Tambah santan kara dan susu cair
4. Udah jadi deh kuahnya

CARA PENYAJIAN :
1. Potong / iris kentang ke dalam mangkok
2. Tambahkan irisan tomat
3. Taburin dengan daun bawang
4. Tambah bawang goreng
5. Tambah kecap manis BANGO
6. Tambah merica bubuk (kalau suka)
7. Tuangi kuah sotonya
8. Tambah emping goreng dan peres 1/2 jeruk sambal

Sajikan dengan nasi yang atasnya sudah ditaburin bawang goreng..
Lebih sedap lagi kalau dimakan dengan sambal….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: