Cupcakes for dummies

Resep yang ditampilkan di sini bener-bener murni copas dari situs mommies daily, yang buat mama Nadira, ini alamat lengkapnya: http://mommiesdaily.com/2010/09/03/cupcakes-anyone/

Sengaja simpen di sini, soalnya biar ngelacak resepnya gampang kalo suatu hari nanti pengen bikin. Rencana sih pengen bikin di ulang tahun Maryam, which itu 8 bulan lagi, hehe.. Siapa tau yang lagi pengen bikin cupcakes nyasar ke sini dan jadi gampang nyontek resepnya.

Btw, karena aku belum nyobain resepnya, jadi belum ada testimonial gimana rasanya ya. Keliatannya aja sih enak. Mudah-mudahan bener enak.. Selamat mencoba

Ingredients:
Vanilla Cupcake
Bahan:

* 120 gr mentega/butter (boleh dicampur pake margarin, tapi usahakan jangan semuanya margarin ya)
* 250 gr gula pasir (saya cuma pakai 150 gr supaya nggak terlalu manis)
* 200 gr tepung terigu all purpose
* 2 butir telur
* 1/2 sdt vanilli
* 1 sdt baking powder
* 150 ml susu segar (boleh dilebihkan supaya lebih moist)

Chocolate Cupcake
Bahan:

Bahan A

* 6 butir telur
* 225 gr gula pasir (saya pakai 150 gr – 200 gr aja)
* 1 sdm emulsifier
* 1/2 sdt garam

Bahan B

* 40 gr cokelat bubuk
* 150 gr tepung terigu
* 1/2 sdt vanilli

Bahan C

* 150 gr mentega/margarine (biasanya saya mencampur butter dan margarin dgn perbandingan 1:1)
* 100 gr dark cooking chocolate
* 1 sdm pasta coklat Black Forest

Directions:
Cara membuat Vanilla Cupcake:

1. Kocok mentega, gula, vanilli hingga mengembang dan pucat.
2. Masukkan telor, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
3. Masukkan tepung dan susu secara bergantian sambil diaduk hingga rata.
4. Tuang ke dalam cetakan muffin/cupcake yang sudah dialasi papercup hingga kira-kira 2/3 penuh.
5. Oven hingga matang.
6. Angkat, dinginkan, baru hias sesuai selera.

Cara membuat Chocolate Cupcake:

1. Tim Bahan C sampai larut. Usahakan mentega jangan sampai mendidih. Cukup sampai meleleh semua aja.
2. Kocok Bahan A sampai kental
3. Masukkan Bahan B sambil diayak
4. Masukkan Bahan C sambil diaduk hingga rata
5. Tuang ke dalam cetakan muffin/cupcakes. Kukus atau oven hingga matang

Notes:

Untuk hiasan, gunakan buttercream siap pakai yang bisa dibeli di Toko Bahan Kue. Buttercream ini hanya tinggal dikocok 20 menit hingga fluffy, lalu ditambahkan susu bubuk, langsung siap digunakan untuk menghias. Kalo mau berwarna, tinggal tetesi pewarna deh. Rasa buttercream ini enaaak banget, mirip es krim!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: